APRESEPSI DAN MOTIVASI


DISINTEGRASI BANGSA INDONESIA


Sebagai sebuah Negara yang baru memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia tidak dapat menghindarkan dari adanya berbagai pemberontakan yang terjadi di dalam negeri. Pemberontakan tersebut terjadi karena adanya berbagai perbedaan kepentingan, pandangan, pendapat, sehingga menyebabkan munculnya gerakan yang dapat menghancurkan keutuhan Negara dan bangsa yang telah diperoleh dengan penuh penjuangan ini. Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia maka berbagai cara ditempuh untuk mengatasi berbagai gerakan pemberontakan yang muncul sebagai sebuah ancaman disintegrasi bangsa.


Integrasi bangsa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu proses penyatuan atau pembaharuan berbagai aspek sosial, budaya ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan identitas nasional atau bangsa yang harus dapat menjamin terwujudnya keselarasan, keserasian, dan keseimbangan dalam mencapai tujuan bersama sebagai suatu bangsa. Sementara itu disintegrasi bangsa adalah pecahnya kesatuan dan persatuan bangsa yang meliputi kesatuan wilayah, ekonomi, politik, sosial,budaya, ideologi, dan pertahanan keamanan.

Adapun gerakan dalam negeri yang dinilai sebagai suatu bentuk pemberontakan pada masa awal kemerdekaan diantaranya adalah Pemberontakan PKI Madiun 1948, Pemberontakan DI/TII, Angkatan Perang Ratu Adil (APRA), Pemberontakan Andi Aziz, Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), Pemberontakan PRRI dan Permesta, dan Pemberontakan Gerakan 30 September 1965.

Mengapa terjadi pemberontakan di daerah sementara kita sudah memperoleh terbebas dari penjajahan? Apa yang melatar belakangi tindakan mereka? Apakah permasalahan yang muncul tidak dapat diselesaikan dengan cara damai? Salahkah tindakan yang mereka lakukan? Apa upaya pemerintah untuk mengatasi gerakan-gerakan yang muncul tersebut? Adakah tindak lanjut dari pemerintah untuk mengatasi ketidak adilan yang dirasakan penduduk di daerah?

Saat ini kita sudah memasuki masa Reformasi, masihkan gerakan disintegrasi bangsa itu terjadi??? Samakah alasan mereka untuk melakukan gerakan tersebut??? Mari Kita belajar bersama melalui blog ini, segala peristiwa disintegrasi yang terjadi pada masa awal kemerdekaan hingga kondisi Indonesia saat ini......

Teman-teman bisa belajar dari blog ini membuka satu persatu peristiwa yang teman-teman ingin ketahui.

Selamat Belajar.......!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "APRESEPSI DAN MOTIVASI"

Posting Komentar